Saturday, October 30, 2010

Menempel Geogebra di Blog

Agar koneksi tidak putus-putus

Jika koneksi internet Anda sering mengalami disconnect alias putus-putus ada sedikit tips yang mungkin dapat membantu. Anda dapat \”memaksa\” komputer untuk melakukan ping secara berkala sehingga koneksi akan relatif terjaga dari disconnect. Untuk melakukan ini lakukan ping dengan perintah ; ping google.com -t -l 1
Selamat mencoba!


 

Google URL Shortener (+Bonus QR Code)

 banyak bertebaran layanan serupa yang menyediakan banyak fitur pula. Namun, integritas para pembuatnya kadang masih perlu dipertanyakan. Nah, penyingkat URL dari Google ini nampaknya memang layak untuk diandalkan. Dengan beralamat di http://goo.gl penyingkat ini dapat langsung digunakan tanpa harus login. Namun, jika Anda menginginkan fitur history/statistiknya, maka Anda perlu login.
Yang menarik adalah bahwa goo.gl memiliki bonus berupa QR code untuk setiap URL yang disingkatnya dengan menambahkan kode .qr di belakang URL. Misalkan kita memiliki alamat URL http://goo.gl/4mae maka kita tinggal menambahkan .qr di belakangnya menjadi http://goo.gl/4mae.qr dan QR code dari URL tersebut dapat tampil.
goo.gl bonus qr code

Menempel Geogebra di Blog

Geogebra adalah saah satu tool matematika yang sangat bermanfaat. Menariknya, apa yang telah kita buat dalam Geogebra dapat ditempel secara dinamis di blog yang mendukung applet. Kita cukup menempelkan (copy-paste ke blog) kode applet yang diperoleh dari file HTML hasil Export dari Geogebra.Koder yang diambil diawali dengan [applet] diakhiri [/applet]
Untuk blog yang tak mendukung kode applet/javascript, semisal wordpress.com, kita dapat meng-export file hasil dari Geogebra ke dalam bentuk gambar PNG. Gambar ini dapat diupload ke blog seperti mengupload gambar/foto biasa. Karena bentuknya gambar statis maka konsekuensinya gambar tersebut tak dapat diutak-atik lagi alias tidak interaktif.
Berikut ini contoh lembar kerja Geogebra yang ditempel di blog:
Sorry, the GeoGebra Applet could not be started. Please make sure that Java 1.4.2 (or later) is installed and active in your browser (Click here to install Java now)
Sedang lembar kerja yang diekspor ke file PNG tampilannya adalah sbb:

Post a Comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com by :